Kalender Liturgi

Selasa, 03 Januari 2023

Kunjungi Pemimpin Umat Katolik Dan Kristen, Pj. Bupati Apresiasi Koordinasi dan Kerja Sama yang Terbangun

Foto: Prokompim Flotim

Setelah dua hari berturut-turut melakukan peninjauan terhadap beberapa fasilitas umum dan rumah warga yang terdampak angin kencang disertai hujan di beberapa wilayah di Flores Timur, Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si dalam suasana Natal dan Tahun Baru 2023, melakukan kunjungan silaturahmi ke sejumlah tokoh Agama Katolik dan Kristen di kota Larantuka dan sekitarnya.
Acara silaturahmi ini dilaksanakan di lima Paroki dalam Keuskupan Larantuka dan Gereja Ebenhaezer Larantuka, Rabu ( 04/01/2022).
Dalam kunjungan silaturahmi ini, selain berbagi damai Natal dan Tahun Baru 2023, Pj. Bupati juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mengapresiasi koordinasi dan kerja sama para tokoh agama ini dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 serta mengajak para pemimpin umat ini untuk bersama membangun Flores Timur.
Melalui kunjungan ini pula, Pj. Bupati berkesempatan melihat dari dekat situasi paroki dan umat paska diterpa angin kencang disertai hujan ini.
Pj. Bupati juga meminta para imam dan pendeta -melalui mimbar gereja- untuk terus menghimbau umat agar selalu menjaga hubungan kekerabatan yang harmonis dalam hidup bermasyarakat sehingga persoalan keamanan di masyarakat dapat terjaga dengan baik.
Di Paroki Santo Cornelis Pohon Bao, Pj. Bupati diterima oleh Pastor Maddineni Ananda Prasad, MSFS selaku Pastor Paroki St. Cornelis Pohon Bao. Di paroki yang berjumlah 1600-an jiwa ini, Pj. Bupati Doris juga berkesempatan melihat dari dekat pembangunan Gereja Paroki Santo Cornelis Pohon Bao.
Di Paroki Katedral Reinha Rosari Larantuka, Pj. Bupati diterima oleh Romo Deken Keuskupan Larantuka, Rm. Hendrik Leny, Pr., Rekan Imam Rm. Frederikus T. Saban, Pr., dan Rm. Florentinus Werang, Pr.
Paroki Santu Ignatius Waibalun menjadi tempat kunjungan berikutnya. Pastor Paroki, Pater Maximus Seno, SVD dan Diakon Arki Diaz, SVD di depan Pj. Bupati menjelaskan bahwa dampak angin kencang ini cukup terasa di paroki ini. Terlebih, salah satu umat dari paroki ini yakni Marianus Tamu Ama meninggal akibat tenggelam di pesisir pantai Waibalun saat hendak melabuhkan sampannya pada 29 Desember 2022 yang lalu.
Selanjutnya, di Paroki Santa Maria Pembantu Abadi Weri, Pj. Bupati diterima oleh Romo Fransiskus Xaverius Pey Hurint, Pr., Penasihat DPP Weri, Valentinus Tukan, Ketua DPP, Vincentius Lemba, Wakil Ketua DPP, Silvster Witin beserta Sekretaris DPP, Andreas Mikhael Emil Diaz.
Romo Pey Hurint mengaku bahwa toleransi antar umat beragama di paroki yang berjumlah 2600 jiwa ini berjalan sangat baik yang ditunjukkan dengan pelibatan semua unsur pemeluk agama dalam kegiatan-kegiatan gereja, baik dalam bentuk berbagai perlombaan dan olahraga. Rm. Pey Hurint juga mengapresiasi Pemda Flores Timur yang hadir membantu gereja ini khususnya pada tahun 2020 yang lalu.
Kunjungan Pj. Bupati berlanjut ke Gereja Ebenhaezer Larantuka, dan diterima oleh Pdt. Melkianus Bella, S.Th dan Pdt. Marthini Sarnita J. Benu. S.Si., Teol.
Doris Rihi kemudian mengakhiri kunjungan silaturahmi ini dengan mendatangi Paroki San Juan Lebao Tengah. Diterima oleh Pastor Paroki San Juan Lebao Tengah, Silvinus Sabon Helan, Pr., Rekan Pastor Yohakim Odel, Pr, Ketua DPP San Juan, Yohanes Ola Tobi dan Wakil Ketua Krisentus Kwen, Doris Rihi nampak mengagumi Rumah Pastor yang menurutnya sangat bagus.
Pj. Bupati pun sejenak meninjau Rumah Pastoran Paroki didampingi oleh Romo Sil Helan. Di hadapan Romo Sil dan DPP San Juan, Pj. Bupati berharap para imam selalu berdoa untuk kemajuan daerah Flores Timur, khususnya dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 nanti.
Menurutnya, setiap pemimpin yang akan terpilih dalam Pemilu nantinya adalah pemimpin terbaik yang pastinya sudah direstui Tuhan.
“Kalau sudah jadi pilihan Tuhan, tidak akan bisa ditolak,” tuturnya.
Di depan Pj. Bupati, Romo Sil Helan mengungkapkan bahwa Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 berjalan aman di paroki yang berjumlah 8000 jiwa ini.
Doris Rihi sempat pula menyinggahi SDK Lebao Tengah II guna meninjau dampak kerusakan akibat angin kencang dan hujan pada sekolah ini.
Turut hadir dalam kegiatan silahturahmi ke sejumlah tokoh agama ini; Kadis Kominfo, Heronimus Lamawuran / Herry, Kabag Prokompim, Yohanes Ibi Hurint, S.Sos., M.Si, dan Kabag Umum, Oktavianus Lawa Taka, SE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar